Jarambah Bandung Day 1

July 23, 2022

Hello Bloggeria!! Gimana nih kabarnya?? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat yaaaw

Nah balik lagi ke cerita jalan jalan atau travelogue yaitu travel lo dan gue kali ini hehehe…

Tepatnya 2 minggu yang lalu sepupu gue main ke Bandung yeay!!! Jadi cerita kali ini kita bakalan explore Bandung bareng sodara gue a.k.a adik sepupu gue. Pertama-tama gue tanya dulu sepupu gue pengen main kemana nih, terus dia bilang dia ingin ke Gedung Sate. Saat itu juga gue bilang yaudah kita cusss aja langsung ke Gedung Sate.

06/07/2022
Gedung Sate
Gedung yang satu ini berlokasi di jantung kota Bandung alamatnya ada di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. Setelah sampai di sana suasana lumayan sepi, mungkin karena bukan hari libur. Alhasil kita berdua leluasa buat ambil foto Gedung Sate. Sekilas informasi, pada saat itu Gedung Sate belum buka kunjungan bagi para turis, sehingga kita berdua hanya ambil gambar keadaan di luar gedung. Setahu gue di dalam Gedung Sate itu ada museum juga.

Hal yang menarik dari Gedung Sate adalah Gedung Sate disebut Gedung Sate karena ornamen yang menghiasi Gedung Sate yaitu tusuk sate yang ada di menara gedung. Terdapat 6 jumlah ornamen sate yang melambangkan 6 juta gulden*. (Biaya yang dihabiskan untuk membangun Gedung Sate).

*gulden: mata uang Belanda yang digunakan pada abad ke-17 hingga tahun 2002 yang saat ini digantikan dengan mata uang euro

Biar lebih kebayang udah gue jepret Gedung Satenya. Sayang cuacanya lagi mendung :((

"Gedung Sate"

Museum Kota Bandung
Destinasi selanjutnya kita berkunjung ke Museum Kota Bandung yang jaraknya ngga terlalu jauh dari Gedung Sate, tepatnya di Jl. Aceh No.47, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Seperti namanya museum ini berisikan sejarah kota Bandung, kapan kota Bandung berdiri secara resmi dan lain lain. Kalian ngga perlu bayar untuk masuk ke museum yang satu ini, gratiss gaesss. Wkwkwk seneng kan kalian hey para pecinta gretongan XD. Kalian cukup untuk mengisi buku tamu berupa nama, paraf dan juga asal kalian dari mana. So easy kan bloggeria. Jadi yuk kita ke Museum kota Bandung biar lebih tau kota Bandung. Nih gue jepret juga keadaan di dalam museum. Lumayan juga buat kalian yang pengen belajar plus poto2 estetik ala-ala selebgram HAHAHA.










Hal yang gue dapet setelah mengunjungi Museum kota Bandung adalah gue jadi tahu awal mula kota Bandung yaitu dimulai dari kabupaten Bandung yang udah berdiri pada tahun 1641 kemudian secara resmi dipindahkan dan berdirilah kota Bandung pada tahun 1810.

Selain itu ada kata yang menarik perhatian gue yaitu kata “Gemeente” yang artinya “Kotamadya”. Jadi, di tahun 1906 Bandung berubah status nih gaes menjadi gemeente yang mana status ini menguntungkan kota Bandung yaitu kota Bandung memiliki hak untuk mengatur kebijakannya sendiri.

Masjid Raya Agung Bandung
Saat itu waktu udah menunjukkan jam 12 siang sehingga kita memutuskan untuk solat dzuhur dulu dan sekalian lanjut explore ke destinasi selanjutnya yaitu masjid yang pasti orang Bandung tau yaitu Masjid Raya Agung Bandung yang berlokasi di Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40251. Saat itu rencananya kita mau ambil foto di halaman masjid yang ada tulisan Masjid Raya Agung Bandung tapi dikarenakan kondisi covid-19 pihak masjid belum mengijinkan pengunjung untuk masuk ke halaman itu. Sehingga kita memutuskan untuk explore kuliner atau jajanan pinggir jalan yang ada di sekitar masjid. Gue sama sepupu gue beli cilok dan juga cilor plus rujak. Nanti kalau sempet gue mau cerita juga jajanan pinggir jalan yang Bandung banget.

Keadaan di dalam masjid

Setelah itu, karena cuaca sangatlah tidak mendukung dan hujan yang lumayan besar akhirnya kita ngga melanjutkan perjalanan lagi dan memutuskan untuk balik ke rumah sekitar jam 3 sore waktu indonesia bagian Jawa Barat.

Yup sekian travelogue hari pertama bareng adek sepupu gue. Gue bakal lanjut travelogue selanjutnya jadi baca terus ya keseruan jalan-jalan kita berdua di Bandoeng. Hatur Nuhun bloggeria!!!

Bersambung...

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Pageviews